Follow Us @soratemplates

Sunday, October 14, 2018

Weekend di Kota Tua

Hallo semua....

Nah, kali ini saya akan menceritakan tentang liburan saya ke Kota Tua, Jakarta. Mungkin untuk kebanyakan orang di Jakarta dan sekitarnya tempat ini bukanlah tempat yang baru untuk dikunjungi. Tapi, berhubung saya adalah anak desa yang baru pindahan ke kota jadi harap maklum kalau lumayan alay.

Saya berangkat dari stasiun Tangerang sekitar jam setengah 3 sore. Langsung naik kereta, dan turun di Stasiun Duri. Nah, di sini ini yang lumayan bikin sabar banget yah. Nunggu kereta tujuan Kampung Bandan. Di sini saya nunggu hampir satu jam. Katanya sih ini udah jadi hal yang lumrah. Tapi, karena saya yang biasa di kampung pakai alat transportasi pribasi dan hampir tidak pernah naik angkutan umum, ngantri gini bikin bosen juga.

Dan kereta yang ditunggu pun datang....
Alhamdulillah yahhh...

Dan cuaca saat ini lumayan mendung dan gerimis.
Setelah sampai di Stasiun Kampung Bandan, saya ganti kereta lagi yang jurusan Stasiun Jakarta Kota.

Ini sebenernya deket banget loh. Naik kereta paling berapa menit sudah sampai.
Nah di Stasiun Jakarta Kota ini lumayan luas tempatnya. Ada banyak gerai makanan yang bisa anda kunjungi. Juga beberapa mini market.

Dari Stasiun kita keluar dan untuk ke Kota Tua kita cuma perlu jalan kaki paling 10-15 menit. Tergantung anda, apakah mau langsung sampai atau tergiur dengan banyaknya penjaja cenderamata dan aneka makanan minuman di sepanjang jalan.

Saya sampai di tujuan sudah sekitar pukul 17:30, lumayan sore. Dan cuaca masih sedikit mendung dan gerimis. Tapi ini tidak menyurutkan animo masyarakat untuk berkunjung, buktinya saja ketika saya masuk sudah ada begitu banyak orang dari segala usia. Ada yang bersama keluarga, pacar dan teman. Di sini kamu akan disambut oleh gedung-gedung tinggi yang sebagian dialihfungsikan sebagai museum.

Kawasan Kota Tua ini memiliki luas sekitar 1,3 kilometer persegi. Dulunya merupakan sebuah pusat pemukiman dan perdagangan di Asia sekitar abad ke 16. Oleh karena sejarahnya, pada tahun 1972 Gubernur Jakarta Ali Sadikin mengeluarkan dekrit resmi yang isinya menjadikan kawasan Kota Tua sebagai situs warisan budaya. Dengan tujuan untuk melindungi dan melestarikan bangunan bersejarah yang ada di kota tersebut.

Di sini anda bisa mengunjungi beberapa museum bersejarah. Diantaranya
  • Museum Wayang
  • Museum Fattahillah
  • Museum Bank Indonesia
  • Museum Nasional
  • Pelabuhan Sunda Kelapa

Berhubung saya sampai di sini sudah lumayan sore, jadi museum tersebut sudah tutup. Mungkin lain waktu saya akan berkunjung lagi ke sini.

Namun jangan khawatir, tempat ini tetap mempesona walaupun musem susah tutup. Malah di sore hari seperti ini kondisi cenderung ramai dan akan makin ramai di malam hari. Bagi anda pencari spot foto yang instagramable, di sini saya pastikan akan membuat anda senang.

Anda bisa menyewa dan berfoto cantik dengan menggunakan sepeda ontel dan topi lebar warna warni.

Juga bisa berfoto dipinggiran, atau di tengah luasnya halaman dengan dilatarbelakangi oleh bangunan-bangunan berarsitektur lawas yang menjulang tinggi. Atau kalau anda cukup kreatif dan pintar mengambil gambar, anda bisa mengambil foto di sekitar lampu yang di tanam di pinggiran Museum Wayang. Atau berfoto di bawah lampu-lampu cantik yang ada di beberapa titik.
Anda juga bisa mencoba kuliner di cafe Batavia

Dan berhubung cuaca makin tidak mendukung, jadi saya pulang sekitar pukul 20:00 WIB dengan membawa rasa penasaran karena belum bisa masuk dan melihat museum-museum bersejarah tersebut. Lain waktu, saya akan ke sini lagi dan eksplore semuanya.

Demikian perjalanan libur saya kali ini....